Ingin Investasi Tanah? Ini Tipsnya

investasi tanahInvestasi merupakan salah satu cara untuk menyimpan uang dalam bentuk benda atau barang. Jika dalam bentuk uang, maka membuat uang habis dengan sia-sia saja. Oleh karena itu, banyak orang memutuskan untuk berinvestasi. Adapun investasi yang dipilih banyak orang adalah investasi tanah. Mengapa? Karena tanah menjadi benda mati yang tidak dapat untuk diperbanyak sedangkan jumlah penduduk yang semakin tahun terus bertambah. Dengan bertambahnya jumlah penduduk, tentunya membutuhkan jumlah tanah terbatas. Terbatasnya jumlah tanah akan membuat harga tanah semakin tahun semakin mahal. Selain itu, investasi tanah merupakan investasi yang berjangka panjang dan resikonya lebih kecil. Investasi tanah juga tidak memerlukan perawatan khusus lain halnya dengan investasi rumah dan apartemen. Apakah Anda tertarik untuk investasi tanah? Jika Anda tertarik untuk investasi tanah, berikut tipsnya:

Menentukan lokasi

Lokasi menjadi hal penting untuk Anda pertimbangkan ketika ingin menjadikannya sebagai investasi. Biasanya lokasi tanah yang tidak jahu dari lokasi pemakaman dan juga berada di lokasi yang jahu dari tanah hitam, maka peminatnya sedikit. Oleh karena itu, pilihlah atau tentukan lokasi yang Anda inginkan menjadikan tempat investasi. Biasanya lokasi tanah yang terletka di wilayah bisnis atau di wilayah sedang berkembang menjadi pilihan banyak orang. Untuk itu, Anda dapat mencari lokasi tanah yang dijadikan investasi yang berada di lokasi seperti itu. Dengan Anda mencari lokasi tanah yang berada di tempat yang ramai, maka nilai jual tanah semakin tinggi. Selain nilai jual yang tinggi, dengan mendapatkan lokasi yang tepat akan membuat banyak para peminatnya sehingga membuat Anda lebih mudah untuk menjual nantinya.

Mempertimbangkan bentuk tanah

Jika Anda ingin membeli tanah untuk dijadikan sebagai investasi tidak hanya dilihat dari segi lokasi. Anda juga harus mempertimbangkan bentuk tanah. Ketahui mengenai bentuk tanah, kepadatannya, serta kerataan tanah. Bentuk tanah menjadi daya tarik tersendiri nantinya jika Anda ingin menjual tanah. Untuk itu, Anda harus mencari bentuk tanah yang padat dan rata. Untuk masalah bentuk, banyak orang yang tertarik dengan bentuk tanah persegi panjang. Pilih juga tanah yang menghadap utara dan selatan karena sinar matahari merata sepanjang tahun. Keadaan tanah yang padat dan juga rata, tentunya menjadi pilihan banyak orang karena mudah untuk dibangun dan juga tidak harus mengeluarkan biaya kembali untuk meratankan tanah.

Melakukan tawar menawar

Cobalah untuk melakukan tawar menawar terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.  Jangan mudah untuk tergoda dengan penawarna yang diberikan. Cari tahu terlebih dahulu mengenai berapa harga pasaran tanah di tempat itu. Dengan Anda mendapatkan informasi, maka Anda akan mengetahui berapa harga yang sebenarnya sehingga tidak membuat Anda rugi saat membeli dan juga ketika Anda menjualnya. Mintalah informasi mengenai keadaan tanah baik kelebihan dan kekuranganya untuk menjadikan bahan pertimbangan memutuskan harga nantinya.

Mencari tahu kelengkapan surat menyurat

Tips yang terakhir ini tidak kalah pentingnya dari poin-poin di atas mengenai surat menyurat. Pastikan bahwa tanah yang akan Anda jadikan sebagai investasi merupakan tanah yang memiliki surat menyurat lengkap. Cari tahu mengenai isi surat perhatikan secara detail isi surat yang ada. Lihat atas nama siapa surat yang ada. Pastikan juga jika surat tanah yang dimiliki tidak dalam kondisi sengketa. Jika surat dalam kondisi sengketa, maka bisa membuat Anda rugi nantinya. Untuk mencari tahu apakah tanah dalam kondisi sengketa atau tidak, Anda dapat mencari informasi dari warga sekitar.

Tanah merupakan investasi yang cukup manjanjikan, tapi Anda harus mencari lokasi tanah yang tepat sebagai tempat untuk investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *