Agar Bisnis Bertahan Jangka Panjang, Prioritaskan 4 Hal Ini

Menekuni sebuah bisnis baik dalam bidang kuliner, fashion maupun bidang lainnya memang dapat memberikan kesempatan memperoleh penghasilan tanpa batas. Bahkan, bila keberuntungan memihak bukan tidak mungkin bisa memperluas pangsa pasar. Namun, dari setiap bisnis yang dijalani tidak selalu lurus atau berjalan sesuai harapan. Selalu ada lika-liku yang justru bisa menyebabkan bisnis jadi anjlok, baik itu pesaing yang semakin ketat maupun manajemen keuangan dan penjualan yang buruk. Ada beberapa hal dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini, sebagai berikut:

Memaksimalkan promosi

promosiBisnis bisa ambruk jika promosi minim. Benarkah? Yup, karena promosi merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis. Tanpa promosi, tentu masyarakat tidak kenal dengan bisnis yang saat ini dijalankan sehingga pelanggan yang diperoleh sangat minim dan tentu hal ini akan berdampak pada penghasilan yang didapat. Begitu pula sebaliknya, semakin banyak pelanggan yang didapat maka akan semakin ada peluang untuk memperluas pangsa pasar. Itulah sebabnya mengapa promosi harus dimaksimalkan untuk mempertahankan sebuah bisnis tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memperoleh banyak pelanggan sehingga bisa bertahan dalam jangka panjang.

Mengatur keuangan

Mengatur keuanganDalam sebuah bisnis mengatur keuangan juga termasuk poin penting. Jika besarlah pasak daripada tiang dapat dipastikan bisnis bisa ambruk dalam waktu dekat. Oleh karena itu, mengatur keuangan harus diprioritaskan dalam menjaga ketahanan bisnis. Hal utama yang perlu dilakukan adalah membedakan antara keuangan pribadi dan bisnis. Setelah itu, jumlah pendapatan dalam setiap hari harus ditotal, kemudian keuntungan yang diperoleh dapat disimpan baik untuk membayar gaji karyawan maupun menganggarkan untuk menambah modal guna memperbesar usaha. Mengatur keuangan memang harus dilakukan dengan kepala dingin dan mesti konsisten, jika tidak besar kemungkinan bisa salah hitungan sehingga keuangan bisa jatuh dan menyebabkan bisnis ambruk.

Membuat pelanggan nyaman

membuat pelanggan nyamanPelanggan dapat memberi pengaruh dari dua arah yakni positif dan negatif. Pelanggan yang merasa puas berbelanja dengan Anda tentu akan memberikan testimoni mengesankan bahkan dapat merekomendasikan kerabatnya untuk berkunjung ke tempat Anda. Misalnya dalam bisnis baju, pelanggan Anda mendapat layanan yang ramah dan memuaskan serta baju yang didapat berkualitas sehingga ketika kerabatnya ada yang ingin berbelanja, pelanggan utama dapat memberi saran untuk datang ke toko Anda. Hal ini bisa dibilang sebagai suatu bentuk promosi dari mulut ke mulut. Dengan kata lain, pelanggan juga dapat diandalkan untuk menarik lebih banyak pelanggan. Begitu pula sebaliknya pengaruh negatif yang diberikan oleh pelanggan utama. Jika merasa tidak puas dengan layanan yang didapat kemungkinan bisa memberikan kritikan yang negatif sehingga orang yang tadinya ingin berbelanja menjadi batal. Oleh karena itulah, pentingnya membuat pelanggan merasa nyaman dan puas dalam berbelanja agar tidak menimbulkan hal-hal buruk yang dapat merusak citra bisnis.

Menciptakan ide baru

Menciptakan ide baruSeperti yang terdapat para uraian di atas bahwa ambruknya suatu bisnis dapat disebabkan oleh pesaing yang kian meningkat. Masalah ini tidak dapat diatasi dengan menjatuhkan para pesaing karena hal ini hanya akan membuat bisnis dicap buruk. Adapun yang bisa dilakukan untuk mempertahankan bisnis adalah dengan cara menciptakan ide atau inovasi baru. Ide bisa menjadi peluang jika dapat disalurkan dengan baik. Misalnya dalam bisnis kuliner keripik ubi rasa pedas, inovasi yang bisa juga diciptakan adalah rasa manis atau berbagai macam varian lainnya.

Mempertahankan bisnis tidak semudah memulainya. Jika memulai bisnis hanya dengan menyiapkan modal, tapi dalam mempertahankan bisnis mencakup keseluruhan termasuk beberapa kegiatan seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *